Garis Keturunannya:
Sayyid Ja’far ibn Hasan ibn
Abdul Karim ibn Muhammad ibn Sayid Rasul ibn Abdul Syed ibn Abdul Rasul ibn
Qalandar ibn Abdul Syed ibn Isa ibn Husain ibn Bayazid ibn Abdul Karim ibn Isa
ibn Ali ibn Yusuf ibn Mansur ibn Abdul Aziz ibn Abdullah ibn Ismail ibn Al-Imam
Musa Al-Kazim ibn Al-Imam Ja’far As-Sodiq ibn Al-Imam Muhammad Al-Baqir ibn
Al-Imam Zainal Abidin ibn Al-Imam Husain ibn Sayidina Ali r.a. dan Sayidatina
Fatimah binti Rasulullah saw.
Dinamakan Al-Barjanzy karena
dinisbahkan kepada nama desa pengarang yang terletak di Barjanziyah kawasan
Akrad (kurdistan). Kitab tersebut nama aslinya ‘Iqd al-Jawahir (Bahasa Arab,
artinya kalung permata) sebagian ulama menyatakan bahwa nama karangannya adalah
“I’qdul Jawhar fi mawlid anNabiyyil Azhar”. yang disusun untuk meningkatkan
kecintaan kepada Nabi Muhammad saw, meskipun kemudian lebih terkenal dengan
nama penulisnya.
Beliau dilahirkan di Madinah Al
Munawwarah pada hari Kamis, awal bulan Zulhijjah tahun 1126 H (1960 M) (1766
beliau menghafal Al-Quran 30 Juz kepada Syaikh Ismail Alyamany dan Tashih Quran
(mujawwad) kepada syaikh Yusuf Asho’idy kemudian belajar ilmu naqliyah (quran
Dan Haditz) dan ‘Aqliyah kepada ulama-ulama masjid nabawi Madinah Al Munawwarah
dan tokoh-tokoh qabilah daerah Barjanzi kemudian belajar ilmu nahwu, sharaf,
mantiq, Ma’ani, Badi’, Faraidh, Khat, hisab, fiqih, ushul fiqh, falsafah, ilmu
hikmah, ilmu teknik, lughah, ilmu mustalah hadis, tafsir, hadis, ilmu hukum,
Sirah Nabawi, ilmu sejarah semua itu dipelajari selama beliau ikut duduk belajar
bersama ulama-ulama masjid nabawi. Dan ketika umurnya mencapai 31 tahun atau
bertepatan 1159 H barulah beliau menjadi seorang yang ‘Alim wal ‘Allaamah dan
Ulama besar.
Kitab “Mawlid al-Barzanji” ini
telah disyarahkan oleh al-’Allaamah al-Faqih asy-Syaikh Abu ‘Abdullah Muhammad
bin Ahmad yang terkenal dengan panggilan Ba`ilisy yang wafat tahun 1299H dengan
satu syarah yang memadai, cukup elok dan bermanfaat yang dinamakan “al-Qawl
al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji” yang telah banyak kali diulang cetaknya di
Mesir.
Di samping itu, kitab Mawlid Sidi Ja’far al-Barzanji ini telah disyarahkan pula oleh para ulama kenamaan umat ini. Antara yang masyhur mensyarahkannya ialah Syaikh Muhammad bin Ahmad ‘Ilyisy al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari dengan kitab “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji”. Beliau ini adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217H (1802M) dan wafat pada tahun 1299H (1882M).
Di samping itu, kitab Mawlid Sidi Ja’far al-Barzanji ini telah disyarahkan pula oleh para ulama kenamaan umat ini. Antara yang masyhur mensyarahkannya ialah Syaikh Muhammad bin Ahmad ‘Ilyisy al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari dengan kitab “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al-Barzanji”. Beliau ini adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217H (1802M) dan wafat pada tahun 1299H (1882M).
Selain itu ulama kita kelahiran
Banten, Pulau Jawa, yang terkenal sebagai ulama dan penulis yang produktif
dengan banyak karangannya, yaitu Sayyidul ‘Ulama-il Hijaz, an-Nawawi
ats-Tsani, Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah yang
lathifah bagi “Mawlid al-Barzanji” dan karangannya itu dinamakannya
“Madaarijush Shu`uud ila Iktisaa-il Buruud”. Kemudian, Sayyid Ja’far bin Sayyid
Isma`il bin Sayyid Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain
yang merupakan suami kepada satu-satunya anak Sayyid Ja’far al-Barzanji, telah
juga menulis syarah bagi “Mawlid al-Barzanji” tersebut yang dinamakannya
“al-Kawkabul Anwar ‘ala ‘Iqdil Jawhar fi Mawlidin Nabiyil Azhar”. Sayyid Ja’far
ini juga adalah seorang ulama besar keluaran al-Azhar asy-Syarif. Beliau juga
merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah. Karangan-karangan beliau banyak,
antaranya: “Syawaahidul Ghufraan ‘ala Jaliyal Ahzan fi Fadhaa-il Ramadhan”,
“Mashaabiihul Ghurar ‘ala Jaliyal Kadar” dan “Taajul Ibtihaaj ‘ala Dhau-il Wahhaaj
fi Israa` wal Mi’raaj”. Beliau juga telah menulis sebuah manaqib yang
menceritakan perjalanan hidup dan ketinggian nendanya Sayyid Ja’far al-Barzanji
dalam kitabnya “ar-Raudhul A’thar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far”.
Kembali kepada Sidi Ja’far
al-Barzanji, selain dipandang sebagai mufti, beliau juga menjadi khatib di
Masjid Nabawi dan mengajar di dalam masjid yang mulia tersebut. Beliau terkenal
bukan sahaja kerana ilmu, akhlak dan taqwanya, tapi juga dengan kekeramatan dan
kemakbulan doanya. Penduduk Madinah sering meminta beliau berdoa untuk hujan
pada musim-musim kemarau. Diceritakan bahawa satu ketika di musim kemarau,
sedang beliau sedang menyampaikan khutbah Jumaatnya, seseorang telah meminta
beliau beristisqa` memohon hujan. Maka dalam khutbahnya itu beliau pun berdoa
memohon hujan, dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan
lebatnya sehingga seminggu, persis sebagaimana yang pernah berlaku pada zaman
Junjungan Nabi s.a.w. dahulu. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka sebahagian ulama
pada zaman itu telah memuji beliau dengan bait-bait syair yang berbunyi:-
سقى الفروق
بالعباس قدما * و نحن بجعفر غيثا سقينا
فذاك و سيلة لهم و هذا * وسيلتنا إمام العارفينا
Dahulu al-Faruuq dengan al-’Abbas beristisqa`
memohon hujanفذاك و سيلة لهم و هذا * وسيلتنا إمام العارفينا
Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa` memohon hujan
Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘aarifin
Sidi Ja’far al-Barzanji wafat di
Kota Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi`, sebelah bawah maqam beliau
dari kalangan anak-anak perempuan Junjungan Nabi s.a.w. Karangannya membawa
umat ingatkan Junjungan Nabi s.a.w., membawa umat kasihkan Junjungan Nabi
s.a.w., membawa umat rindukan Junjungan Nabi s.a.w. Setiap kali karangannya
dibaca, pasti sholawat dan salam dilantunkan buat Junjungan Nabi s.a.w. Juga
umat tidak lupa mendoakan Sayyid Ja’far yang telah berjasa menyebarkan
keharuman pribadi dan sirah kehidupan makhluk termulia keturunan Adnan. Allahu
… Allah.
اللهم اغفر
لناسج هذه البرود المحبرة المولدية
سيدنا جعفر من إلى البرزنج نسبته و منتماه
و حقق له الفوز بقربك و الرجاء و الأمنية
و اجعل مع المقربين مقيله و سكناه
و استرله عيبه و عجزه و حصره و عيه
و كاتبها و قارئها و من اصاخ إليه سمعه و اصغاه
Ya Allah ampunkan pengarang jalinan mawlid indah nyataسيدنا جعفر من إلى البرزنج نسبته و منتماه
و حقق له الفوز بقربك و الرجاء و الأمنية
و اجعل مع المقربين مقيله و سكناه
و استرله عيبه و عجزه و حصره و عيه
و كاتبها و قارئها و من اصاخ إليه سمعه و اصغاه
Sayyidina Ja’far kepada Barzanj ternisbah dirinya
Kejayaan berdamping denganMu hasilkan baginya
Juga kabul segala harapan dan cita-cita
Jadikanlah dia bersama muqarrabin berkediaman dalam syurga
Tutupkan segala keaiban dan kelemahannya
Segala kekurangan dan kekeliruannya
Seumpamanya Ya Allah harap dikurnia juga
Bagi penulis, pembaca serta pendengarnya
و صلى الله
على سيدنا محمد و على اله و صحبه و سلم
و الحمد لله رب العالمين
و الحمد لله رب العالمين
Dalam bukunya, Dan Muhammad
adalah Utusan Allah: Penghormatan terhadap Nabi SAW dalam Islam (1991), sarjana
Jerman peneliti Islam, Annemarie Schimmel, menerangkan bahwa teks asli karangan
Ja’far al-Barzanji, dalam bahasa Arab, sebetulnya berbentuk prosa. Namun, para
penyair kemudian mengolah kembali teks itu menjadi untaian syair, sebentuk
eulogy bagi Sang Nabi.
Untaian syair itulah yang tersebar ke berbagai negeri di Asia dan Afrika, tak terkecuali Indonesia. Tidak tertinggal oleh umat Islam penutur bahasa Swahili di Afrika atau penutur bahasa Urdu di India, kita pun dapat membaca versi bahasa Indonesia dari syair itu, semisal hasil terjemahan HAA Dahlan atau Ahmad Najieh, meski kekuatan puitis yang terkandung dalam bahasa Arab kiranya belum sepenuhnya terwadahi dalam bahasa kita sejauh ini.
Secara sederhana kita dapat mengatakan bahwa karya Ja’far al-Barzanji merupakan biografi puitis Nabi Muhammad SAW. Dalam garis besarnya, karya ini terbagi dua: “Natsar” dan “Nadhom”. Bagian “Natsar” terdiri atas 19 subbagian yang memuat 355 untaian syair, dengan mengolah bunyi “ah” pada tiap-tiap rima akhir. Seluruhnya menurutkan riwayat Nabi Muhammad SAW, mulai dari saat-saat menjelang paduka dilahirkan hingga masa-masa tatkala paduka mendapat tugas kenabian. Sementara, bagian “Nadhom” terdiri atas 16 subbagian yang memuat 205 untaian syair, dengan mengolah rima akhir “nun”.
Dalam untaian prosa lirik atau sajak prosaik itu, terasa betul adanya keterpukauan sang penyair oleh sosok dan akhlak Sang Nabi. Dalam bagian “Nadhom”, misalnya, antara lain diungkapkan sapaan kepada Nabi pujaan: Engkau mentari, engkau bulan/ Engkau cahaya di atas cahaya.
Di antara idiom-idiom yang terdapat dalam karya ini, banyak yang dipungut dari alam raya seperti matahari, bulan, purnama, cahaya, satwa, batu, dan lain-lain. Idiom-idiom seperti itu diolah sedemikian rupa, bahkan disenyawakan dengan shalawat dan doa, sehingga melahirkan sejumlah besar metafor yang gemilang. Silsilah Sang Nabi sendiri, misalnya, dilukiskan sebagai “untaian mutiara”.
Namun, bahasa puisi yang gemerlapan itu, seringkali juga terasa rapuh. Dalam karya Ja’far al-Barzanji pun, ada bagian-bagian deskriptif yang mungkin terlampau meluap. Dalam bagian “Natsar”, misalnya, sebagaimana yang diterjemahkan oleh HAA Dahlan, kita mendapatkan lukisan demikian: Dan setiap binatang yang hidup milik suku Quraisy memperbincangkan kehamilan Siti Aminah dengan bahasa Arab yang fasih.
Betapapun, kita dapat melihat teks seperti ini sebagai tutur kata yang lahir dari perspektif penyair. Pokok-pokok tuturannya sendiri, terutama menyangkut riwayat Sang Nabi, terasa berpegang erat pada Alquran, hadis, dan sirah nabawiyyah. Sang penyair kemudian mencurahkan kembali rincian kejadian dalam sejarah ke dalam wadah puisi, diperkaya dengan imajinasi puitis, sehingga pembaca dapat merasakan madah yang indah.
Salah satu hal yang mengagumkan sehubungan dengan karya Ja’far al-Barzanji adalah kenyataan bahwa karya tulis ini tidak berhenti pada fungsinya sebagai bahan bacaan. Dengan segala potensinya, karya ini kiranya telah ikut membentuk tradisi dan mengembangkan kebudayaan sehubungan dengan cara umat Islam di berbagai negeri menghormati sosok dan perjuangan Nabi Muhammad SAW.
Sifatnya:
Wajahnya tampan, perilakunya sopan, matanya luas, putih giginya, hidungnya mancung,jenggotnya yang tebal,Mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan Al-Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, mendahului dalam membuat kebajikan bersedekah,dan sangat pemurah.
Wajahnya tampan, perilakunya sopan, matanya luas, putih giginya, hidungnya mancung,jenggotnya yang tebal,Mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan Al-Quran dan Sunnah, wara’, banyak berzikir, sentiasa bertafakkur, mendahului dalam membuat kebajikan bersedekah,dan sangat pemurah.
Seorang ulama besar yang
berdedikasi mengajarkan ilmunya di Masjid Kakeknya (Masjid Nabawi) SAW
sekaligus beliau menjadi seorang mufti Mahzhab Syafiiyah di kota madinah
Munawwarah.
“Al-’Allaamah al-Muhaddits
al-Musnid as-Sayyid Ja’far bin Hasan al-Barzanji adalah MUFTI ASY-SYAFI`IYYAH
di Kota Madinah al-Munawwarah. Banyak perbedaan tentang tanggal wafatnya,
sebagian menyebut beliau meninggal pada tahun 1177 H. Imam az-Zubaidi dalam
“al-Mu’jam al-Mukhtash” menulis bahwa beliau wafat tahun 1184 H, dimana Imam
az-Zubaidi pernah berjumpa dengan beliau dan menghadiri majelis pengajiannya di
Masjid Nabawi yang mulia.
Maulid karangan beliau ini
adalah kitab maulid yang paling terkenal dan paling tersebar ke pelosok negeri
‘Arab dan Islam, baik di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak kalangan ‘Arab
dan ‘Ajam (luar Arab) yang menghafalnya dan mereka membacanya dalam waktu-waktu
tertentu. Kandungannya merupakan khulaashah (ringkasan) sirah nabawiyyah yang
meliputi kisah lahir baginda, perutusan baginda sebagai rasul, hijrah, akhlak,
peperangan sehingga kewafatan baginda.
Wafat:
Beliau telah kembali ke rahmatullah pada hari Selasa, setelah Asar,4 Sya’ban, tahun 1177 H (1766 M). Jasad beliau makamkan di Baqi’ bersama keluarga Rasulullah saw.
Beliau telah kembali ke rahmatullah pada hari Selasa, setelah Asar,4 Sya’ban, tahun 1177 H (1766 M). Jasad beliau makamkan di Baqi’ bersama keluarga Rasulullah saw.
Kitab maulid Barzanji sendiri
telah disyarah (dijelaskan) oleh ulama-ulama besar seperti Syaikh Muhammad bin
Ahmad ‘Ilyisy al-Maaliki al-’Asy’ari asy-Syadzili al-Azhari yang mengarang
kitab “al-Qawl al-Munji ‘ala Mawlid al- Barzanji” dan Sayyidul ‘Ulama-il Hijaz,
Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi “Madaarijush Shu`uud ila Iktisaa-il
Buruud”. (Mh/MM)
Entri ini dituliskan pada Juni 3, 2009
pada 11:47 am dan disimpan dalam Tokoh. Bertanda: Al-Imam Husain, Kitab Maulid
Al-Barzanji, Mufti
Asy-Syafi'iyyah, Nawawi
Al-Bantani, Sayyid
Ja'far ibn Hasan, Sirah
Nabawi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar